FORUM TERATAI
"Selamat Datang"
FORUM KSI SEKARANG BERUBAH NAMA MENJADI FORUM TERATAI

Forum akan ditutup sesuai usulan dari berbagai member, kami tunggu pendapat anda di email: ysbl2010@yahoo.com. anda dapat mengikuti perkembangan berita kami di website ysbl: http://ysbl.webs.com atau di facebook kami
silahkan login terlebih dahulu untuk memberikan/posting komentar di forum ini, jika anda belum terdaftar silahkan klik kolom pendaftaran. NOTE:buat yang kesulitan login silahkan tanda '' login otomatis' nya di pilih(jangan lupa pilih kolom login otomatis)
PENYEDIA LAYANAN ANDA HARUS MEMPUNYAI IP STATIS


FORUM TERATAI

FORUM TERATAI - YAYASAN SETIA BHAKTI LESTARI
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
Anda harus mempunyai Account Email jika ingin mendaftar menjadi member kami, yang dapat menjawab topik dan mengirimkan topik baru hanya Member Teratai
"Yayasan tidak mengedarkan proposal bantuan dana, website organisasi yang dibina YSBL murni membantu tanpa imbalan, jika anda tidak setuju dengan apa yang kami tawarkan silahkan menghubungi kami"
Sekarang Kami Bernama "FORUM TERATAI"
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
» [info] Jadwal Baksos 2015
Mon May 18, 2015 12:07 pm by Admin

» [info]Jadwal baksos Bulan Mei
Fri May 02, 2014 1:47 pm by Admin

» [info] jadwal baksos 2014
Wed Feb 19, 2014 2:10 am by rina

» WC di bawah Tangga
Tue Feb 18, 2014 2:27 am by sutradharma

» gathering...gathering
Tue Feb 19, 2013 12:14 am by sutradharma

» pengumuman dari yayasan
Tue Feb 05, 2013 12:30 am by Admin

» hasil baksos tgl 16 desember 2012
Tue Dec 18, 2012 1:48 pm by rina

» hasil baksos tgl 25 november 2012
Tue Dec 18, 2012 1:48 am by Admin

» hasil baksos vihara dharmasakti bekasi
Sat Nov 24, 2012 12:24 am by sutradharma

Affiliates/Partner Site
December 2016
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
CalendarCalendar
Statistics
Total 83 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah dagwal

Total 638 kiriman artikel dari user in 178 subjects
Window Live Media (jika moderator online Logo berwarna hijau)
YM Moderator(Pastikan Browser anda mendukung Flash)
SUTRADHARMA:
 

AYONG:

KENNY:

SUHARDI:

 

YAYASAN:

 


Share | 
 

 [ASK] tanya Kim cua

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
rina
[TERATAI] HARUM
[TERATAI] HARUM


Female
Jumlah posting : 67
Age : 32
Lokasi : jakarta
Registration date : 25.02.09

PostSubyek: [ASK] tanya Kim cua   Thu Mar 12, 2009 10:30 pm

buat kaum tao, mungkin anda tahu jika sehabis sembahyang di dalam kelenteng/Bio kita biasanya membakar kertas Kim Cua/Toa Kim,menurut anda semua, fungsi kita membakar kertas itu untuk apa?

adayang bilang, semakin banyakkertas yang dikirm, semakin banyak tabungan kita nanti(^^apa Ia?)

trus katanya harus dibentuk nanas, atao duit-duitan china dsb,
jadi bingung.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
sutradharma
[YSBL]VerySuperMod
[YSBL]VerySuperMod


Male
Jumlah posting : 143
Age : 38
Lokasi : Tangerang
Registration date : 03.02.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Fri Mar 13, 2009 11:35 am

Asal-Usul Tradisi "Bakar Kertas"

Konon tradisi "Bakar Kertas" ini baru dimulai pada zaman pemerintahan Kaisar
Lie Sie Bien (Lie She Min) dari Kerajaan Tang di Tiongkok. Lie Sie Bien adalah seorang kaisar
yang adil dan bijaksana, sehingga beliau dicintai oleh rakyatnya.




Pada suatu hari tersebar kabar bahwa Kaisar menderita sakit yang cukup parah, mendengar kabar
ini rakyat menjadi sedih. Beberapa hari kemudian secara resmi keluar pengumuman dari Kerajaan
bahwa Kaisar Lie Sie Bien meninggal dunia. Rakyat benar benar berduka-cita karena merasa
kehilangan seorang Kaisar yang dicintai, sebagai ungkapan rasa duka-cita ini penduduk memasang
kain putih di depan pintu rumahnya masing-masing tanda ikut berkabung atas mangkatnya Sang
Kaisar.




Sebagaimana tradisi pada waktu itu, jenazah Kaisar tidak langsung dikebumikan,
melainkan disemayamkan selama beberapa minggu untuk memberi kesempatan pada para pejabat istana
dan rakyat untuk memberikan penghormatan terakhir.




Alkisah, setelah beberapa hari kemudian Kaisar Lie Sie Bien hidup kembali atau
bangkit kembali dari kematiannya. Dan kemudian beliau bercerita mengenai perjalanan panjangnya
menuju alam neraka, yang dialaminya selama saat kematiannya.




Dimana salah satu cerita beliau, adalah ketika beliau dalam perjalanan menuju
alam neraka, sang Kaisar bertemu dengan ayahbunda, dan sanak keluarga, serta teman-temannya yang
telah lama meninggal dunia. Dimana dikisahkan bahwa kebanyakan dari mereka berada dalam keadaan
menderita kelaparan, kehausan, dan serba kekurangan walaupun dulu semasa hidupnya mereka hidup
senang dan mewah. Keadaan mereka sangat menyedihkan, walaupun saat ini anak-anak dan
keturunannya yang masih hidup berada dalam keadaan senang dan bahagia. Makhluk-makhluk yang
menderita ini berteriak memanggil Lie Sie Bien untuk minta pertolongan dan bantuannya untuk
mengurangi penderitaan mereka. Menurut Kaisar mereka ini sangat mengharapkan bantuan dan
pemberian dari keturunan dan sanak-keluarganya yang masih hidup.




Lalu sang Kaisar menghimbau dan menganjurkan agar keturunan dan sanak keluarga
yang masih hidup jangan sampai melupakan leluhur dan keluarganya yang telah meninggal. Kita yang
masih hidup wajib mengingat dan memberikan bantuan kepada mereka yang menderita di alam sana,
sebagai balas budi kita kepada leluhur kita itu. Untuk itu keluarga yang masih hidup dianjurkan
untuk mengirimkan bantuan dana/ uang kepada mereka yang berada di alam penderitaan itu. Dan dana
bantuan itu adalah berupa "Kertas Emas dan Perak" yang dibakar dan kemudian akan menjelma
menjadi kepingan uang emas dan perak di alam sana, sehingga dapat dipergunakan oleh ayahbunda,
leluhur, dan sanak keluarga yang berada di alam sana untuk meringankan penderitaan mereka.





Karena yang berkisah ini adalah seorang Kaisar yang sangat dihormati dan
dicintai segenap rakyatnya, maka tentu saja cerita ini dipercayai, dan himbauan kaisar langsung
mendapatkan tanggapan yang baik dari para pejabat, bangsawan, dan seluruh rakyat kerajaan Tang.





Tetapi sekarang persoalannya, siapakah yang akan membuat "kertas emas dan
perak" itu, untuk kemudian dijual kepada yang mau membakarnya atau mengirimkannya kepada leluhur
dan sanak keluarganya yang telah meninggal ?




Lie Sie Bien adalah seorang yang cerdas, beliau tahu betul bahwa dari sekian
luas wilayah kerajaan Tang (Tiongkok), tidak semua daerah tersebut sama kesuburan tanahnya, ada
daerah-daerah yang gersang dan tandus, yang hanya dapat ditumbuhi pohon bambu yakni bahan baku
untuk pembuat kertas pada waktu itu. Nah, penduduk daerah inilah yang dikerahkan untuk membuat
"kertas emas dan perak" untuk keperluan sembahyang kepada para leluhur itu.




Apakah sesungguhnya yang terjadi ? Betulkah Kaisar Lie Sie Bien meninggal
dunia dan melakukan perjalanan ke alam neraka ? Benarkah kisah perjalanan yang diceritakan oleh
sang Kaisar ? Banyak orang yang percaya bahwa Kaisar Lie Bie Bien benar-benar pernah meninggal
dan melakukan perjalanan ke alam neraka, dan apa yang dikisahkannya itu sungguh-sungguh terjadi.
Tetapi tidak sedikit pula yang berpendapat bahwa kejadian "mati suri" nya Kaisar Lie Sie Bien
dan kisah perjalanannya ke neraka hanya rekayasa sang Kaisar untuk tujuan politis.




Dimana penggambaran alam neraka seperti yang diceritakan beliau diambil dari
penggambaran alam neraka dalam kitab-kitab suci Agama Buddha, karena Kaisar Lie Sie Bien adalah
seorang Buddhis (beragama Buddha) yang cukup banyak mendalami ajaran-ajaran Agama Buddha (Buddha
Dharma).




Seperti kita ketahui, bahwa di zaman itu di Tiongkok berlaku sistim feodal,
dimana terjadi jurang perbedaan yang sangat nyata antara tuan-tuan tanah, bangsawan, dan
pedagang yang kaya raya dengan segala kemewahan yang berlimpah ruah, dengan kaum petani, buruh
dan rakyat jelata yang hidup miskin, melarat, penuh kesengsaraan dan serba kekurangan.
Orang-orang kaya ini sama sekali tidak punya kepedulian terhadap orang-orang miskin, bahkan
mereka menindas kaum miskin ini.




Sebagai seorang kaisar yang adil dan bijaksana, tentu saja Lie Sie Bien tidak
setuju dengan keadaan ini, tetapi beliau juga tidak bisa sewenang-wenang memaksa kaum kaya ini
untuk mempunyai kepedulian dan mau membantu kaum miskin. Maka terpaksalah beliau menggunakan
taktik untuk menciptakan pemerataan kehidupan dan menolong kaum miskin itu, yakni dengan
merekayasa peristiwa kematian beliau dan perjalanannya ke alam neraka.




Barisan terdepan dari mereka yang mengikuti himbauan dan ajuran Kaisar Lie Sie
Bien untuk membakar "Kim Cua dan Gin Cua" untuk di kirimkan sebagai dana bantuan
kepada leluhur dan sanak keluarga yang telah meninggal sudah tentu adalah orang-orang kaya yang
punya banyak uang untuk membeli "kertas emas dan perak" yang dibuat oleh orang-orang miskin;
sehingga dengan demikian rakyat jelata yang miskin ini jadi terbantu dan punya penghasilan,
terjadilah pemerataan pendapatan.




Secara keagamaan pun tradisi ini pada mulanya bermanfaat, yaitu agar anak dan
sanak keluarga yang masih hidup senantiasa ingat pada leluhur/ keluarga yang telah mendahului
sekaligus sebagai ungkapan balas budi atas jasa dan kebaikan mereka, dan selalu berdoa serta
mengharapkan kebahagiaan mereka di alam sana.




Bagaimana pada zaman sekarang ?

Zaman terus berubah, tradisi yang tadinya sengaja dicetuskan oleh Kaisar Lie
Sie Bien dengan maksud dan tujuan yang baik, yakni membantu dan menolong kaum miskin, sekarang
masalahnya menjadi lain. "Kertas Emas dan Perak" yang dulunya di produksi oleh home industry
(industri rumah tangga) orang-orang miskin, sekarang sudah di produksi
secara massal oleh pabrik-pabrik yang tentunya milik pengusaha kaya.
Sehingga maksud dan tujuan untuk pemerataan penghasilan sudah tidak
bermakna lagi.




Kalau dulu upacara "Bakar Kertas" itu selalu diiringi dengan doa dan harapan
untuk kebahagiaan para leluhur dan sanak keluarga yang telah meninggal, saat ini makna ini sudah
semakin kabur karena tidak banyak lagi orang yang tahu asal mula, maksud dan tujuan sesungguhnya
dari tradisi "Bakar Kertas" ini. Malah sekarang ada anggapan bahwa semakin banyak "kertas emas
dan perak" ini dibakar adalah semakin baik, dan membuat leluhur dan sanak keluarga semakin kaya
dan semakin senang di alam sana.




Ditambah lagi dengan berbagai ide yang menyesatkan, seperti membuat uang
kertas "Hell Bank Note", peralatan-peralatan modern/ canggih dari kertas (seperti pesawat
televisi, hand phone, mobil mewah, televisi, parabola, dll) untuk dibakar guna dikirimkan
pada leluhur dan sanak keluarga di alam sana, tentunya akan semakin mengaburkan maksud dan
tujuan tradisi "Bakar Kertas" ini





Penjelasan yang lebih lanjut akan di tanyakan kepada suhuliem, mengenai kertas yang di bakar setelah kita mengadakan ritual sembahyang^^
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Admin
[YSBL]Admin & Master
[YSBL]Admin & Master


Male
Jumlah posting : 120
Age : 49
Lokasi : Indonesia
Registration date : 02.02.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Mon Mar 23, 2009 12:17 pm

kalo menurut suhuliem, arahnya memang kesana, yaitu buat tabungan kita disana, untuk kongco Chay sen, namun "keterima/sampai" tidaknya belum tentu juga, tergantung perbuatan kita juga sehari2, cukup 3 saja sekali bakar. 3 pun kalo keterima lebih baik daripada banyak tapi tidak keterima


tergantung ketulusan dan keiklasan kita sewaktu sembahyang dan berdoa

_________________
YSBL Manajemen

Keep Clean Your Heart
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ysbl.webs.com
mulyana
[TERATAI] TUNAS


Male
Jumlah posting : 1
Age : 42
Registration date : 24.03.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Tue Mar 24, 2009 8:01 pm

setujuuuuuuuuuuuuuuu Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
sutradharma
[YSBL]VerySuperMod
[YSBL]VerySuperMod


Male
Jumlah posting : 143
Age : 38
Lokasi : Tangerang
Registration date : 03.02.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Thu Mar 26, 2009 12:09 am

masalah uang itu kita ga usah pikirin dulu, jika kita yakin ya jalani saja, yg paling penting ialah prilaku sehari2, dengan berprilaku baik setiap hari, maka sembahyang pun mungkin bermanfaat dan keterima

_________________
Nelayan Selatan

Disini Selalu Damai...................Disana juga Damai
Jika Kita bersatu dalam Harmoni
Tentunya Kita Bangga Menengadah Langit
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ayonk87
[YSBL]MODERATOR
[YSBL]MODERATOR


Male
Jumlah posting : 70
Age : 29
Lokasi : jelambar,jak bar
Registration date : 28.02.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Thu Apr 02, 2009 11:33 pm

kalau bakar baju ato rumahan dari kertas gitu, bener ga tuh nyampe di alam sana?

soal nya sering denger cerita , orang yang pas meninggal ga di bakar baju kertas gitu, pernah di mimpiin sanak saudaranya.... orang yg meninggal itu ga pake baju/ telanjang

setelah di bakar, da ga pernah di mimpiin

mohon pencerahan cheers
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
wen_wen
[TERATAI] KEMBANG
[TERATAI] KEMBANG


Female
Jumlah posting : 38
Age : 31
Lokasi : bekasi
Registration date : 28.03.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Fri Apr 03, 2009 11:27 am

masalah bakar baju seh udah banyak yang ngalamin, tapi buat lebih jelasnya mending tanya suhuliem
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
pecinta_shien
[TERATAI] KEMBANG
[TERATAI] KEMBANG


Female
Jumlah posting : 18
Age : 29
Lokasi : jakarta
Registration date : 11.06.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Thu Jun 11, 2009 8:48 pm

saya ada mao bagi2 dikit nih ke teman2.
Tapi ini bkn cerita yg saya alamin sendiri, tp dari tmn saya (x), yang kebetulan mata terang (bisa melihat makhluk alam lain).

Jadi ada seorg umat klenteng, anaknya mendapat kecelakaan dkt rel kereta api roxy. anaknya dah brp hari ga sadar, dan dokter udh lepas tangan.
kebetulan di klenteng yang sering dia kunjungi, ada Tang Ki/ Mediator/ Orang yang diyakini kerasukan dewa. akhirnya beliau meminta tolong ke dewa lewat tang shien. akhirnya beliau diberi hu 3 macam dan kertas mas kecil (swee kim) 3 mata. kertas mas tsb berfungsi untuk diusapkan ke badannya dan kemudian hrs dibakar ke tpt kecelakaan.
dan kata si x, waktu dia membakar kertas masnya, dia ampe merinding (soalnya setan2nya ada yg ga punya kepala), krn anaknya di tahan oleh setan2 disitu. kemudian ketika dia mulai membakar kertas mas tsb, para setan tsb mulai berebutan mengambil kertas masnya.

Ini hanya beberapa kejadian nyata yg dialami oleh org laen, percaya ga percaya, tinggal balik ke diri masing.

kalo bagi saya membakar kertas mas adalah sebuah bentuk pengembangan batin, cinta kasih, rasa bersyukur, melatih kesabaran dan mungkin masih byk lagi manfaatnya.

smg bermanfaat. Smile
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ayonk87
[YSBL]MODERATOR
[YSBL]MODERATOR


Male
Jumlah posting : 70
Age : 29
Lokasi : jelambar,jak bar
Registration date : 28.02.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Fri Jun 12, 2009 6:37 pm

dari ceritanya tuh masi kurang neh.... endingnya gimana? anak nya sadar ga?
semua tergantung dari kita sendiri mao percaya atau tidak.... hehehehe kalo saya seh percaya soal nya da banyak pengalaman dan cerita2 nyatanya... Very Happy

info dan cerita yg sangat berguna dan membantu kita sis..... LANJUTKAN!!! cheers
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
pecinta_shien
[TERATAI] KEMBANG
[TERATAI] KEMBANG


Female
Jumlah posting : 18
Age : 29
Lokasi : jakarta
Registration date : 11.06.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Fri Jun 12, 2009 6:43 pm

oh ia... Laughing
anaknya selamat, ampe skg. wktu itu anaknya masih +/- 10thn. skg dah gede. hehe.

thx, atas responnya.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ayonk87
[YSBL]MODERATOR
[YSBL]MODERATOR


Male
Jumlah posting : 70
Age : 29
Lokasi : jelambar,jak bar
Registration date : 28.02.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Fri Jun 12, 2009 11:41 pm

endingnya indah..... hampir mirip ama kejadian temen saya yg tertabrak kereta di bandengan beberapa bulan lalu, sama di lakukan upacara seperti bakar kim cua dll.... tapi apa daya, yang di atas mank sudah mao memanggil nya... Sad
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
pecinta_shien
[TERATAI] KEMBANG
[TERATAI] KEMBANG


Female
Jumlah posting : 18
Age : 29
Lokasi : jakarta
Registration date : 11.06.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Sat Jun 13, 2009 12:09 am

Kadang, kim cua itu bisa berarti laen jg, apalgi kalo yg sudah disuruh usap ke badan. bisa berarti manggil pulang kembali ke badan (katakanlah arwahnya), atau bisa berarti biar orgnya lebih cepat/ tidak terlalu menderita. mis. org yg sudah koma, kemudian tdk sadar2, jd utk mempercepat, agar ia bisa berpulang. hehe... tp kalo spt itu, hrs di tanya dl ke sdr dsb, apakah sudah rela atau tidak.

kim cua yg saya ceritakan, adalah kim cua yg telah di bantu oleh seorang medium/ tang ki/ lo tong, dan dituliskan hu, atau kim cua yg sudah di tulis oleh seorang pendeta Taoist.

Untuk kim cua yg dibakar sewaktu hbs smbyg, saya blm tau kegunaannya secara pasti/ belum dapat dibuktikan. Tapi kalo menurut saya, mgkn bisa sebagai sugesti dan melatih praktek metta kita, karena pada waktu membakar kim cua, kita melakukan permohonan maupun ucapan terima kasih.

Kim cua, mmg hanyalah sebuah alat bantu saja, ada beberapa yg mengatakan sebagai mempercepat proses pematangan karma baik kita, namun semuanya kembali ke diri masing2, bila merasa berguna/ bermanfaat dan tidak merugikan orang lain, maka lakukanlah, dan bila sebaliknya, janganlah lakukan.

smg bermanfaat.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
pecinta_shien
[TERATAI] KEMBANG
[TERATAI] KEMBANG


Female
Jumlah posting : 18
Age : 29
Lokasi : jakarta
Registration date : 11.06.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Sat Jun 13, 2009 12:27 am

rina wrote:
buat kaum tao, mungkin anda tahu jika sehabis sembahyang di dalam kelenteng/Bio kita biasanya membakar kertas Kim Cua/Toa Kim,menurut anda semua, fungsi kita membakar kertas itu untuk apa?

adayang bilang, semakin banyakkertas yang dikirm, semakin banyak tabungan kita nanti(^^apa Ia?)

trus katanya harus dibentuk nanas, atao duit-duitan china dsb,
jadi bingung.


menurut pengalaman saya dengan medium/ tang ki, biasanya kalo kita ada keperluan ttt, atau karma baik kita lagi akan berbuah, sang dewa lewat tang ki, akan membantu kita, salah satunya dengan memberikan kim cua.
Pada waktu memberi kim cua, kita disuruh menuliskan permohonan kita ke Thian, kemudian dibakar.
biasanya disuruh bakar satu persatu kertasnya.

Bila anda yakin dan percaya,dan disertai dengan usaha kebanyakan apa yang dimohon berhasil. Pada waktu memohon harus sungguh2. Menurut saya, mengapa disuruh tls kembali, mgkn sklgs sugesti jg. biasanya sambil bakar disuruh ngomong apa yg kita minta (ini mgkn buat sugesti jg), dan kertasnya dibakar satu persatu (mungkin untuk melatih kesabaran).

Menurut saya, para dewa dan Buddha, tidak memerlukan uang2 kertas lagi. mungkin kim cua hanya sebagai media saja, tapi yang dilihat adalah pikiran kita pada waktu membakar kertas tsb.

Setiap orang memiliki kemampuan menerima sesuatu itu berbeda2 (disebabkan pendidikan, kel, waktu, tempat, lingkungan dsb.), oleh karena itu, bagi sebagian orang, ini merupakan hal2 yg tak berguna dan memboroskan uang (mending dah disumbangin uangnya), tapi bagi sebagian org ini berguna, ini tradisi, dsb. Maka, bagi saya, kembali ke diri masing2, bila merasa berguna dan tak merugikan org laen, dijalankan, bila tidak, jangan lakukan.

CMIIW Smile
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
kenny
[YSBL]SuperModerator
[YSBL]SuperModerator


Female
Jumlah posting : 64
Age : 33
Lokasi : palembang city
Registration date : 14.02.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Wed Jun 17, 2009 12:48 pm

wedew.....sudah banyak yang dalem@ nih pemikiriannya< ga sangka......hebat dah< semoga bisa membantu rekan2 kita yang memerlukan pencerahan< senangnya bisa mendapatkan anggota baru yang oke.

_________________
Kenny wang
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Admin
[YSBL]Admin & Master
[YSBL]Admin & Master


Male
Jumlah posting : 120
Age : 49
Lokasi : Indonesia
Registration date : 02.02.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Wed Jun 17, 2009 1:09 pm

begitulah adanya.....

(pecinta shien wrote:)
.Menurut saya, para dewa dan Buddha, tidak
memerlukan uang2 kertas lagi. mungkin kim cua hanya sebagai media saja,
tapi yang dilihat adalah pikiran kita pada waktu membakar kertas tsb.

Setiap
orang memiliki kemampuan menerima sesuatu itu berbeda2 (disebabkan
pendidikan, kel, waktu, tempat, lingkungan dsb.), oleh karena itu, bagi
sebagian orang, ini merupakan hal2 yg tak berguna dan memboroskan uang
(mending dah disumbangin uangnya), tapi bagi sebagian org ini berguna,
ini tradisi, dsb. Maka, bagi saya, kembali ke diri masing2, bila merasa
berguna dan tak merugikan org laen, dijalankan, bila tidak, jangan
lakukan..




bijaksana sekali......^^

_________________
YSBL Manajemen

Keep Clean Your Heart
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ysbl.webs.com
pecinta_shien
[TERATAI] KEMBANG
[TERATAI] KEMBANG


Female
Jumlah posting : 18
Age : 29
Lokasi : jakarta
Registration date : 11.06.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Wed Jun 17, 2009 1:24 pm

@ kenny n admin. galah. msh byk yg blm sy ketahui dan perlu belajar dari tmn2 smua. ini barulah pendapat sy, siapa tau ada kebenaran lainnya suatu saat. Smile

bagi2 dong pengalaman kalian jg....biar bisa sharring ke kita2. Smile
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
sutradharma
[YSBL]VerySuperMod
[YSBL]VerySuperMod


Male
Jumlah posting : 143
Age : 38
Lokasi : Tangerang
Registration date : 03.02.09

PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Thu Jun 18, 2009 12:18 pm

saya setuju dengan pendapat lina(pecinta_shien) Very Happy

_________________
Nelayan Selatan

Disini Selalu Damai...................Disana juga Damai
Jika Kita bersatu dalam Harmoni
Tentunya Kita Bangga Menengadah Langit
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: [ASK] tanya Kim cua   Today at 1:02 am

Kembali Ke Atas Go down
 
[ASK] tanya Kim cua
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM TERATAI :: Ruang Tao, Khonghucu & Budha :: Semua Tentang Taoisme[klik disini]-
Navigasi: